Canopy Kain

Atap pelindung hujan dan sinar matahari sekarang ini semakin banyak macamnya. Salah satunya adalah canopy kain yang memang digunakan sebagai pelindung. Namun tidak jarang kanopi yang satu ini digunakan untuk menampilkan tema atau konsep bangunan tersebut.

Kanopi kain terbuat dari kain sunbrella yang memang terkenal akan daya tahan terhadap air dan sinar matahari. Tak ayal kalau kanopi kain juga terlebih dikenal dengan kanopi sunbrella. Lagipula, harga kanopy kain sunbrella juga tidak terlalu mahal, terlebih dengan proses intalasi yang mudah.

Penggunaan kanopi kain

Seperti kebanyakan kanopi pada umumnya, kanopi kain digunakan untuk melindungi area tersebut dari hujan dan sinar matahari. Namun berbicara tentang harga tenda kanopi per meter persegi tentu tidak sebanding dengan fungsi yang ditawarkan. Rupanya tidak hanya sebatas pelindung saja, berbagai fungsi kanopi kain berikut ini membuat Anda tak salah memasangnya.

  • Sebagai dekorasi
    Dengan beragam corak, warna dan motif pada kain sunbrella sendiri, kanopi kain lebih dimanfaatkan sebagai dekorasi bangunan atau rumah. Belum lagi, berbagai tipe kanopi kain sangat fleksibel dan jatuhnya membuat banyak pilihan.
  • Sebagai penanda
    Tidak hanya sebatas sebagai dekorasi saja, melainkan sebuah penanda hingga petunjuk jalan. Hal ini tentu akan sangat membantu masyarakat sekitar. Jadi saat Anda memasang canopy kain akan menjadi identitas untuk rumah Anda dan sekitarnya, sehingga orang lain mudah menghafalnya. Dengan begitu, saat ada orang yang mencari alamat bangunan atau rumah, maka bisa memberikan arahan berupa kanopi yang dipasang sebagai identitasnya.
  • Sebagai pelengkap
    Keberadaan kanopi kain juga sebagai pelengkap. Artinya, kanopi merupakan pelengkap untuk desain interior bangunan Anda, namun tidak terlepas akan fungsi utama kanopi itu sendiri sebagai pelindung terik sinar matahari dan hujan.
  • Sebagai pelindung jendela
    Tidak hanya sebagai atap saja, ada juga yang menggunakan di atas jendela. Keberadaan kanopi kain tersebut memang untuk melindungi kaca jendela dari cuaca buruk yang jelas membuatnya mudah pecah. Walaupun tidak menutupi dengan sepenuhnya, tetapi bisa meminimalisir kerusakan jendela yang mungkin terjadi.

Canopy Kain Murah di Jakarta

Pilihan model kanopi kain

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa motif, corak dan warna dari kain sunbrella sangat beragam. Jadi untuk harga kain sunbrella per meter juga beragam pula. Beberapa model dan kain sunbrella berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda.

  1. Model quarter round dengan motif garis – garis
    Model quarter round merupakan model yang bisa menampilkan gaya vintage yang condong ke era Victorian, yakni abad 19. Model yang satu ini bisa dipasangkan pada bagian jendela restoran Anda sebagai pelengkap dekor vintage. Tidak hanya itu saja, kain sunbrella motif garis – garis bisa Anda pilih. Untuk warna bisa disesuaikan dengan warna dinding restoran Anda. Jangan lupa lengkapi dengan koleksi benda – benda masa lalu, mulai dari perabotan hingga aksesoris sehingga lebih terlihat gaya vintage-nya.
  2. Model standard W/ Valance dengan motif polkadot
    Bisa dikatakan motif polkadot memang identik dengan gaya vintage. Motif polkadot sendiri bersifat atraktif dan menyenangkan. Jadi, ruangan dengan motif polkadot akan lebih hangat. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan kain sunbrella motif polkadot untuk menambah kesan vintage café Anda. Tidak ketinggalan, gunakan standard W/ valance yang memang perpaduan sempurna.
  3. Model waterfall dengan warna pastel
    Untuk Anda yang suka dengan gaya – gaya feminim, maka warna – warna pastel akan sangat pas. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu referensi untuk café Anda. Kebanyakan warna – warna pastel diterapkan oleh café yang ada di Paris. Tak ayal, kalau Paris terkenal sebagai kota romantis.
    Untuk bisa menonjolkan kesan romantis, Anda bisa menggunakan model waterfall. Lagipula harga sunbrella per meter berwarna polos lebih terjangkau. Anda bisa memasangkan, canopy kain jenis ini pada jendela utama café yang memang berukuran besar.
  4. Model spearhead dengan motif floral
    Satu lagi jual bahan tenda membrane yang tidak boleh ketinggalan, yakni motif floral yang memang selalu identik dengan vintage. Dengan motif ini, tampilan kuno atau vintage akan semakin terlihat. Namun tidak sembarangan floral, gunakan motif floral abstrak yang memang pilihan tepat. Tidak ketinggalan untuk menggabungkan dengan model kanopi yang simple, seperti spearhead.

Pemilihan kanopi kain

Memang harga tenda membrane Jakarta lebih mahal dibandingkan canopy kain. Walaupun begitu, pemilihan kanopi yang satu ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti berikut ini.

  • Tujuan penggunaan
    Sebelum menentukan model kanopi kain yang ingin digunakan, pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas untuk apa kanopi tersebut digunakan. Apakah memang sebagai pelindung? Pelengkap? Atau dekorasi saja? Hal ini dilakukan agar mendapatkan kanopi yang memang sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, desainnya juga menentukan dari tujuan penggunaannya.
  • Kenali berbagai model kanopi
    Perlu diketahui bahwa jual tenda di bogor memiliki berbagai model kanopi kain yang bisa Anda gunakan, mulai dari quarter round, dome awning, lateral, tradisional, concave atau rounded entrance. Anda bisa memilih sesuai tujuan, selera atau konsep bangunan. Melakukan kombinasi bentuk kanopi kain juga bisa dilakukan.
  • Jangan lupakan material
    Pemilihan material tidak bisa dianggap enteng. Pasalnya, material yang digunakan akan menentukan daya tahan kanopi tersebut. Setidaknya ada dua bahan dalam pembuatan kanopi kain, yakni kain penutup dan rangka baja.
    Kain penutup yang digunakan adalah kain yang tidak sembarangan. Kainnya merupakan bahan kanopi yang tidak panas. Daya tahannya juga baik, terutama untuk cuaca buruk atau benda yang bisa membuatnya robek. Kain sunbrella yang banyak digunakan adalah vinyl atau polyster. Anda bisa memilih kain sunbrella merk terbaik.
    Sedangkan untuk rangkanya bisa menggunakan baja atau aluminium. Pemilihan rangka baja akan lebih baik karena tingkat ketahanan lebih tinggi, sayang proses instalasi lebih lama karena beban baja yang berat. Sebaliknya, untuk aluminium lebih ringan sehingga instalasi lebih cepat.
  • Kenali jenis kanopi
    Setidaknya ada tiga macam kanopi dan harganya. Pertama, awning stasioner yang pemasangannya dilakukan secara permanen pada dinding. Kanopi ini memiliki rangka yang tahan akan segala kondisi. Kedua, awning gulung yang pemasangannya sama dengan awning stasioner hanya saja bagian kain penutupnya dibuat agar bisa digulung. Cara penggulungannya ada yang manual dan menggunakan remote. Lebih canggihnya lagi, ada yang memiliki sensor akan angin, hujan dan sinar matahari.
    Terakhir, awning free standing yang mudah untuk dipindahkan. Kanopi ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai teras rumah. Namun Anda bisa menjumpainya di entrance hotel.
  • Ukuran dan warna
    Pemilihan warna harus sesuai dengan konsep bangunan Anda. Bagi Anda yang memang ingin menampilkan gaya eropa hingga vintage, maka warna – warna pastel akan sangat pas. Warna tersebut merupakan warna yang kalem, cocok untuk segala aksesoris dan perabotan serta bisa menimbulkan keceriaan.

Selain itu, ukuran dari canopy kain juga harus diperhatikan. Untuk kanopi berukuran kecil lebih banyak dimanfaat sebagai dekorasi saja. Sedangkan untuk kanopi berukuran besar lebih difungsikan sebagai pelindung sebagaimana kanopi pada umumnya. Ukuran akan menentukan harga kanopi per meter persegi.

Need Help? Chat with us